Liburan Di Dufan Ancol Saat New Normal

Liburan ke Dufan (Dunia Fantasi) Ancol saat New Normal (Adaptasi Kehidupan Baru) Pandemi Covid-19 memang bisa? Dufan sudah dibuka kembali? Bagaimana persyaratan masuk Dufan Ancol? Dan masih banyak banget pertanyaan yang penasaran apakah Dufan Ancol sudah benar-benar dibuka untuk umum. 

Sebelumnya, saya mau flashback kembali ketika pertama kali dan terakhir kalinya saya mengunjungi Dufan di Taman Impian Jaya Ancol. Kalau tidak salah, pertama kali saya ke Dufan adalah tahun 2007 pada saat 21th Anniversary, dan ternyata itu adalah menjadi kunjungan terakhir saya ke Dufan. Padahal, saya sering bolak-balik ke Ancol seperti ke Sea World, Pelabuhan Marina, Atlantis Water Adventure, Pulau Bidadari, Putri Duyung Cottage dan Pasar Seni. Dan, saya pun melewati Dufan karena beranggapan sudah pernah kesana, padahal itupun sudah beberapa tahun lamanya. Dan, saat pandemi (new normal) ini saya kembali memanjakan diri berkumpul bersama teman dan asyik menikmati wahana di Dufan pada saat 35th Anniversary

Dufan (Dunia Fantasi) Pintu Gerbang

Pada saat memasuki gerbang Dufan, ada pemandangan yang berbeda ketika melihat loket tiket yang berada di sisi kanan itu masih tertutup, padahal jam sudah menunjukan pukul 10.30. Iya, loket tiket itu tidak melayani pembelian tiket secara fisik seperti sebelum masa pandemi. Selain itu, pada saat memasuki pintu masuk, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terutama persyaratan masuk ke Dufan yang sebelumnya ditanyakan. Oke agar memudahkan saya akan menjabarkan bagaimana cara membeli tiket dan persyaratan masuk ke Dufan. 

Cara Membeli Tiket Dan Persyaratan Masuk Dufan Ancol

Pemeriksaan Pintu Gerbang Dufan

Terdapat beberapa penyesuaian yang harus diperhatikan terutama pada saat Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Jakarta ini. Diantaranya adalah jam kunjungan (operasional), pembelian tiket, pengunjung yang diperbolehkan masuk, tahap pengecekan pengunjung, membawa bekal sendiri, dan perhatikan tanda dan protokol kesehatan. 

Dunia fantasi (Dufan) saat AKB ini memiliki waktu operasional setiap harinya mulai pukul 10.00-17.00 WIB. Sementara itu, pintu gerbang Ancol beroperasi mulai pukul 06.00-18.00 WIB. Sedangkan untuk pembelian tiket hanya diperbolehkan melalui website www.ancol.com dan ikuti petunjuknya karena terdapat beberapa tahapan seperti pemilihan kendaraan dan kemudian proses pembayaran. Setelah semuanya selesai, maka kamu akan mendapatkan e-voucher melalui email. Nah, dengan e-voucher tersebutlah yang akan digunakan untuk memasuki Ancol dan Dufan. 

Berbeda dengan biasanya, Dufan membebaskan pengunjung tanpa diperiksa apapun kecuali tas, kali ini sangat berbeda karena terdapat pengecekan suhu badan dan penggunaan masker. Selain itu, diwajibkan mematuhi protokol kesehatan seperti cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer dan menjaga jarak sekitar 1-2 meter. Yang menarik adalah biasanya pada saat di wahana, tempat duduknya digunakan seluruhnya, maka pada saat pandemi seperti ini, tempat duduk yang tidak diberi tanda silanglah yang bisa digunakan. 

Oh iya, beberapa outlet makanan memang telah buka, namun memang disarankan untuk membawa bekal sendiri karena tentu saja lebih hemat dan lebih sehat. Namun, apabila kelupaan tidak membawa makan atau minum, tenang saja ada beberapa outlet makanan dan minuman yang sudah buka. Transaksi disarankan untuk menggunakan non tunai karena menghindari kontak dengan uang kertas yang merupakan salah satu sumber virus. 

Tidak semua orang bisa masuk Dufan selama masa AKB. Anak di bawah usia 9 tahun dan lanjut usia (lansia) di atas 50 tahun dilarang masuk ke Dufan. Selain itu, pengunjung ibu hamil juga tidak diperkenankan masuk ke Dufan.

Untuk hari biasa yakni Senin sampai Jumat, tiket Dufan bisa dibeli melalui situs resmi Ancol seharga Rp 225.000. Sedangkan untuk akhir pekan dan hari libur lainnya, tiket bisa dibeli dengan harga Rp 275.000, dan ingat tiket tersebut hanya bisa digunakan untuk satu kali kunjungan.

Wahana Menarik Di Dufan Ancol

Salah satu icon wahana Dufan

Setelah sekian lama tidak menikmati wahana-wahana yang ada di Dufan selama kurang lebih 14 tahun, maka inilah kesempatan mengulang kembali masa dahulu bersama beberapa orang teman. Lalu, apa saja sih wahana yang sangat menarik dan tetap buka pada saat pandemi seperti ini? Penasaran, yuk kita main bersama di wahana yang asyik yuk. 

Kereta Misteri

Pada akhir 2019, wahana ini diresmikan oleh Gubernur Jakarta, Bapak Anies Baswedan. Iya inilah Kereta Misteri. Wahana ini bisa dibilang merupakan yang terbaru diantara yang lain seperti Bianglala dan Istana Boneka. Wahana ini memang penuh misteri karena pada saat masuk kita disuguhkan pemandangan cukup gelap, pun ketika telah berada di keretanya yang sangat remang-remang. Setelah di dalam, kita tidak bisa melihat apapun dan tentu saja sensainya begitu membuat penasaran. Sesuai namanya, kereta misteri, betul-betul sangat membuat penasaran, apalagi banyak sekali teriakan yang saling menyahut dibalik wahana ini. Kamu harus coba ya. 

Baling-Baling

Baling-baling bambu milik Doraemon pasti tidak sebesar ini kan? Iya permainan mirip baling-baling bambu Doraemon ini memang berbentuk baling-baling, namun yang menjadi berbeda adalah ukuran dan tentu saja adrenaline yang diciptakan oleh wahana ini. 

Kora-Kora

Apa saja yang terjadi ketika berada di Kora-kora? Wahana ini memang sangat menarik karena kora-kora ini salah satu permainan yang bikin jantung bolak-balik bahkan terkadang membuat orang yang berada didalamnya ini jakcpot setelah bermain wahana ini.

Bianglala dan Istana Boneka

Salah dua wahana yang cukup bisa dimainkan oleh berbagai usia adalah Bianglala dan Istana Boneka. Kedua wahana ini memang bisa dimainkan oleh siapapun tak terkecuali anak-anak. Dan, saya menyukai kedua wahana ini, karena saya merasakan atmosfer pemandangan Jakarta dari Bianglala dan merasakan suasana budaya Indonesia dan Dunia dari Istana Boneka. 

Nah, inilah beberapa hal yang membuat kunjungan ke Dufan lebih menyenangkan karena sudah memperhatikan beberapa hal seperti protokol kesehatan dan persyaratan masuk dan lainnya. So, kamu bisa tetap liburan di Dufan dengan menyenangkan kan? See you in Dufan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *