Panduan Bermain Seru Di Dufan Ancol

Dunia Fantasi (Dufan) di Ancol, Jakarta sudah dibuka untuk umum lagi semenjak beberapa minggu lalu. Nah, pasti banyak sekali yang menanyakan apa sih persyaratan pada saat pembelian tiket dan peraturan selama berada di Dufan kan? Selain itu, permainan apa saja sih yang buka selama masa New Normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ? Nanti saya akan baha selengkapnya ya.

Pasti selama pandemi seperti ini, kejenuhan melanda kita, karena sudah berbulan-bulan berada di rumah saja tanpa keluar rumah sama sekali, keluar rumah pun hanya untuk keperluan berbelanja atau sangat urgent seperti ke rumah sakit atau ke kantor, selebihnya dilakukan di rumah. Nah, kalau saya sih untuk mengurangi rasa jenuh, maka saya pun memutuskan untuk ke Dufan, Ancol bersama teman-teman, selain reuni bisa menyambung silaturahmi, tapi tetap dengan protokol kesehatan. 

Baca juga : Perjalanan Wisata Ke Banyuwangi Dari Jakarta 

Persyaratan Pembelian Tiket & Cara Masuk Ke Dufan Ancol

Dunia Fantasi Pintu Gerbang

Setelah New Normal ada beberapa penyesuaian tata cara pembelian tiket dan cara masuk ke Dufan. Untuk pembelian tiket tidak bisa melalui loket dan hanya bisa melalui online saja ke www.ancol.comdan nanti diminta menyiapkan data diri termasuk KTP, setelah membayar maka akan menerima email yang didalamnya terdapat tiket masuk Ancol dan Dufan. 

Pada saat memasuki gerbang Dufan Ancol, setelah menunjukan tiket, terdapat pemeriksaan suhu badan, jika suhu normal akan diperbolehkan masuk sedangkan jika suhu diatas 37.5 derajat maka tidak diperbolehkan memasuki Dufan. Setelah memasuki Dufan, harus memenuhi protokol kesehatan seperti memakai masker dan mencuci tangan menggunakan air mengalir atau hand sanitaizer. Dan, pada saat mengantri permainan pun akan diberi jarak sekitar 1-2 meter sehingga tidak terjadi kontak fisik.

Pengunjung Dufan Dan Jam Operasional

Saat ini Ancol (dan Dufan) hanya boleh dikunjungi oleh pengunjung semuanya baik berKTP DKI maupun luar DKI. Sedangkan usia yang diperbolehkan masuk antara usia bayi atau balita sampai usia 60 tahun, kemudian orang-orang yang sedang mengalami demam, batuk, serta gejala flu lainnya, belum boleh berkunjung.

Dan, Dufan pun tetap mengutamakan kesehatan dan kenyamanan pengunjung dengan membatasi wahana dengan mengisinya hanya 25 persen dari kapasitas maksimal selama masa new normal ini. Kemudian jam operasional setiap hari adalah dari jam 10.00 – 17.00 WIB. 

Harga Tiket Dufan Ancol

Untuk menikmati keseruan wahana Dufan, kamu harus mengetahui harga tiket masuk Ancol untuk perorangan, kendaraan bermotor dan mobil. Untuk lengkapnya bisa dilihat di tabel berikut: 

Jenis TiketSenin-JumatSabtu/Minggu/Libur
Tiket AncolRp25.000Rp25.000
Tiket Reguler DufanRp200.000Rp250.000
Bundling Dufan & GondolaRp236.000-
Annual Pass Dufan Bonus MerchandiseRp600.000Rp600.000
Tiket Kendaraan MotorRp15.000Rp15.000
Tiket Kendaraan MobilRp25.000Rp25.000

Baca Juga : Itinerary Tokyo Backpacker Selama 7 Hari

Permainan Yang Tetap Beroperasi Di Dufan Ancol

Bianglala - Dufan Ancol

Lalu permainan apa saja sih yang sudah bisa dimainkan selama New Nomal ini? Nah, saya ada beberapa list wahana permainan Dufan Ancol yang sudah dapat dimainkan. Berikut wahana Dufan yang masih beroperasi pada masa pandemi corona, yaitu Kereta Misteri, Niagara-gara, Istana Boneka, Alap-alap, Tornado, Turangga-rangga, Bianglala, Gajah Bledug, Kora-kora, Hysteria, New Ontang-anting, Paralayang, Turbo Drop, Kolibri, Baling-baling, Rajawali, Arung Jeram dan Halilintar (Catatan: Pihak Dufan bisa menambah atau mengurangi wahana yang beroperasi). 

Nah, lalu apa saja sih yang merupakan wahana atau permainan yang paling saya sukai selama beberapa kali mengunjungi Dufan Ancol? 

Menguak Kereta Penuh Misteri 

Wahana Dufan Kereta Misteri

Kereta Misteri, seperti namanya, maka kereta ini memang penuh misteri bagi saya. Jika, sudah merasakan pasti bakalan tertantang, karena susana di dalam wahana ini memang bikin penasaran dan memacu adrenalin banget hehehe. So, yang belum merasakan salah satu wahana ini perlu coba deh. Kamu berani nggak nerima tantangan ini? 

Menikmati Pemandangan Ancol dan Jakarta dari Bianglala

Bianglala Dufan

Salah satu Favorite semua usia, karena salah satu wahana yang bikin relaks dikala sore hari sambil menikmati pemandangan laut dan sekitar Ancol yang cukup indah. Kapan lagi menikmati pemandangan luar rumah pada saat pandemi seperti ini?

Bermain Me Vs You Di Wahana Kora-Kora

Seru banget deh kalau bisa main kora-kora bareng sama teman-teman. Kalau saya menyebutnya wahana Me Vs You karena memang benar-benar kita berhadap-hadapan dan siapa yang teriak atau tidak melihat ke depan maka dijamin akan kalah hehehe. Iya, Kora-kora ini terkenal sangat menakjubkan bagi sebagian orang yang pengen bareng-bareng sama teman-teman. 

Baca juga : Sebelum Ke Korea Selatan, Ikut Seoul Virtual Tour Dulu 

Mengenal Budaya Indonesia dan Dunia di Istana Boneka

Mengenal Budaya Indonesia di Istana Boneka

Nah,  siapa yang tak kenal dengan Istana Boneka? Istana boneka biasanya dikenal dengan permainan anak-anak,  namun saya sangat menyukainya. Dari Istana boneka, saya bisa mengenal berbagai macam budaya baik di Indonesia dan Dunia. Ibaratnya saya menjelajah terbang ke berbagai negara dari Istana boneka saja.

Fasilitas Dufan Ancol 

Fasilitas Dufan ini termasuk sangat lengkap mencakup Mushola dan Masjid dibeberapa tempat, kemudian terdapat 12 toilet, charging station, restoran, cafe, baby care, ATM, dan fasilitas pelengkap lainnya seperti P3K. 

Transportasi dan Rute Angkutan Umum Ke Dufan Ancol

TransJakarta 

Jika ingin  ke Dufan Ancol, maka bisa menggunakan TransJakarta koridor 1 (Blok M – Kota) atau koridor 5 (Kampung Melayu – Ancol), jika dari koridor 1 bisa transit di Tosari dan naik ke arah Matraman dan pindah ke koridor 5. 

KRL Komuterline

Jika dari Bekasi, naik KRL tujuan Stasiun Jakarta Kota, diteruskan dengan Mikrolet M15 tujuan Ancol. Jika dari Bogor atau Serpong, naik KRL tujuan stasiun Kampung Bandan, diteruskan dengan Mikrolet M15.

Alamat Dan Kontak Dufan Ancol

Dufan Ancol eralamat di Jalan Lodan Timur No.7, Ancol, Jakarta Utara. Kontak lebih lanjut dapat menghubungi via Line di @dufanancol, Instagram @infodufan dan website www.ancol.com, atau call center ancol di (021) 29 222 222.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *