Gyeongbokung Palace - Pintu Gerbang Utama

Sebelum Jalan-Jalan Ke Korea, Ikutan Seoul Virtual Tour Dulu Yuk

Seoul Virtual Tour ~ Siapa yang pengen liburan ke Korea Selatan? Pasti hampir semua orang kalau ditanya demikian akan menjawab, mau donk ke Seoul, Jeju atau Busan. Apalagi sebagai penggemar K-Pop atau Drakor (Drama Korea) pasti menjadi Korea sebagai destinasi utama. Membayangkan berada di Nami Island saat musim dingin, serasa mirip dengan adegan drama ‘winter sonata‘, atau berada di cafe berlatar belakang Namsam Seoul Tower, serasa berada di drama ‘Itaewon Class‘. Wah, bahagia banget ya bisa merasakan atmosfir dan suasana kota dan kesibukan masyarakatnya. 

Dan, setelah membanyakan biasanya akan bertanya, berapa sih budget ke Korea ? Terus apa saja tepat yang harus dikunjungi (Itinerary) selama di Korea? Kalau ke Korea, bagusnya pada saat musim dingin (winter) atau musim gugur (autumn)? Banyak banget pertanyaan tentang itinerary, hotel atau penginapan, makanan khas atau kuliner dan biaya lainnya, terutama yang bepergian sendirian atau backpacker, pasti menginginkan informasinya secara lengkap. Nanti, saya akan bahas secara terpisah ya. 

Nah, sebelum jalan-jalan beneran ke Korea Selatan, karena masa pandemi seperti ini, maka pilihan Virtual Tour adalah yang paling tepat. Beruntung banget saya bisa diajakin keliling Seoul (Seoul Virtual Tour) bareng Komunitas ISB dan Wisata Kreatif Jakarta dipandu oleh Mba Ira Latief. Kebetulan saya mengenal Mba Ira semenjak 2014 akhir, pada saat itu kami bertemu di sebuah warung serabi di daerah Sabang dalam acara Travelogue. 

Yuk Kita Mulai Seoul Virtual Tour

Nah, kita akan menjelajah kota Seoul yang pernah dinyanyikan soundtracknya sama SNSD (Girls Generation) dan Super Junior, bagi penggemar K-Pop pasti akan tahu siapa kedua band ini. Seoul, bisa dibilang pusat perekonomian di Korea Selatan, selain itu juga pusat industri musik dan hiburan. Maka tak heran, Seoul menjadi pilihan utama jika berkunjung ke Korea Selatan. Setelah Seoul, ada Pulau Jeju dan Busan, kota terbesar kedua dan pelabuhan utama. 

Itinerary Seoul Virtual Tour kali ini sedikit banyak merupakan tempat-tempat utama yang wajib dikunjungi di Seoul. Jika kamu hanya memiliki waktu 3-4 hari saja, maka Itinerary ini wajib kamu catat ya. Beberapa tempat yang dikunjungi melalui virtual kali ini adalah Gyeongbokgung Palace, Cheonggyecheon stream, Bukchon Hanok Village, Gangnam, Myeongdong, Dongdaemun, Namsan Seoul Tower dan Nami Island. 

 

Gyeongbokgung Palace - Gunung

Gyeongbokgung Palace

Salah satu tempat yang menarik adalah Gyeongbokgung Palace. Sangat iconic karena dikelilingi bukit dengan pemandangan yang indah jika dilihat dari area luar istana utama. Jika dilihat dari sejarahnya, Istana ini merupakan Dinasti Joseon yang dibangun sekitar abad 14. Letaknya yang dikeliling gedung bertingkat dan bukit membuat istana ini sangat istimewa. Bukan hanya itu, transportasinya pun sangat menunjang wisatawan untuk datang karena terhubung dengan Subway.

 

Cheonggye Square

Cheonggyecheon Stream

Cheonggyecheon Stream dimulai dari Plaza Cheonggye, tak jauh dari Sejong-ro Avenue. Kemudian bisa menyusuri sepanjang sungai sampai sungai. Pada malam hari, tempat ini biasanya menyajikan banyak lampion atau lampu hias yang cantik, sehingga waktu paling tepat untuk mengunjungi tempat ini adalah malam hari. 

 

Bukchon Hanok Village - Rumah

Bukchon Hanok Village 

Hanok Village ini merupakan kawasan pemukiman bangsawan terutama dari dinasti Joseon. Perumahan di kawasan ini memang sangat luar biasa cantiknya, apalagi ornamen kayu dan bebatuan membuat tembok atau pintu rumahnya pun sangat cantik untuk menjadi background foto. 

 

Gangnam Street - Seoul Virtual Tour

Gangnam Street 

Masih ingat dengan PSY yang menyanyikan Gangnam Style? Tentu saja masih ingat dong. Nah, Gangnam ini adalah satu satu icon kawasan elit dan bisnis serta shopping yang sangat exclusive, bisa dibilang kawasan elite seperti di Senayan kalau di Jakarta. Selain itu, di Gangnam Station inilah bermula viralnya makanan Korean Garlic Cheese Bread. Nah, kayaknya kamu perlu ke Gangnam langsung yang untuk mencicipi roti ini di stasiunnya. 

 

Myeongdong Street - Skincare Shopping

Myeongdong Street 

Yuk kita keliling Myeongdong street yang terkenal dengan surga belanja bagi siapapun yang suka dengan make up dan skin care. Disinilah berkumpulnya banyak brand kosmetik dan skincare ternama di Korea. Oh iya, kamu juga bisa mencoba masker atau tester produk lainnya secara gratis jika kamu ngga mau belanja secara khusus ya. Yang tidak suka skincare, ada beberapa toko pakaian dan sepatu serta lainnya kok walau tak sebanyak skincare. 

Dongdaemun Market

Nah, kalau kalian mau belanja oleh-oleh atau beberapa barang unik, kamu bisa mengunjungi Dongdaemun Market loh. Disini tempatnya berbelanja dengan harga yang super murah tanpa menguras kantong kamu. Disini pula banyak jajanan khas Korea yang wajib kamu cicipi seperti odeng, bimbap dan lainnya. 

 

Namsan Seoul Tower

Namsan Seoul Tower

Salah satu icon Seoul adalah Namsan Tower. Seperti Tokyo Tower yang ada Tokyo, Jepang, tempat ini menjadi salah satu gedung tertinggi di Seoul. Jika mau, maka kita bisa ke menara observatory yang berada di lantai atas untuk menikmati kota Seoul dari atas. Selain itu, Namsan ini terkenal dengan tower cinta karena biasanya pasangan kekasih akan menyematkan gembok cinta mereka di bawah menara itu sebagai tanda cinta mereka akan abadi. 

 

Nami Island Korea

Nami Island

Destinasi terakhir adalah Nami Island yang sudah saya sebutkan sebelum, tempat ini adalah lokasi syuting Winter Sonata. Winter Sonata ini salah satu drama Korea yang paling menarik perhatian karena ceritanya yang cukup tragis namun romatis dengan background tempat-tempat cantik di Korea seperti Nami Island ini. Tempat ini juga merupakan tempat favorite saya selama beberapa kali mengunjungi Korea Selatan. 

Semoga pandemi ini cepat berlalu, dan kita bisa traveling kembali ke tempat-tempat yang indah seperti Seoul, Korea Selatan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *