soto-murah-enak-di-jakarta
Jakarta Jawa Kuliner

Kuliner Soto Murah dan Enak Di Jakarta

Akurasa Kopi – Sangat dekat dengan Pasar Manggis, Jakarta Selatan, terdapat restoran dan cafe murah yang menawarkan menu andalan Soto dengan harga 7 ribu rupiah dan sudah dengan minum berupa infuse water. Teman saya, Awan mengajak saya menikmati soto bening dan enak saat matahari sedang galau antara muncul atau tidak di balik awan. Nah, saya merekomendasikan soto enak di Jakarta Selatan ini karena selain murah, rasanya juga nggak kalah dibandingkan dengan soto mahal lainnya. 

Selain soto, terdapat banyak sekali menu lainnya seperti nasi cobek, nasi ndok, mie godok, mie goreng, nasi capcay, baso ramen, selat solo dan masih banyak lainnya. Selain kuliner, terdapat kopi mulai dari Indonesia, Asia dan Amerika. Jika tidak suka kopi, maka wedang uwuh, jus, lemon tea dan minuman segar lainnya bisa membuat momen nongkrong disini jadi sangat menyenangkan. 

Saya sebetulnya kangen dengan kuliner jawa terutama soto dan mie. Jadi, kebetulan banget bisa menjumpai restoran dan kafe yang menyajikan banyak makanan dengan rasa jawa yang sangat kental. Kalau dulu di Kampung, biasanya saya harus begandang menunggu mie godok yang lewat, uniknya masaknya masih menggunakan arang sehingga rasanya sangat otentik. 

Baca juga : Tips Jalan-Jalan Murah Ke Korea Selatan

Soto Enak Di Jakarta Dekat Pasar Manggis

Lokasi restoran dan cafe ini sangat dekat dengan pasar manggis, cukup jalan beberapa meter saja kamu akan menemukan resoran rumahan dengan tulisan soto hanya 7 ribu rupiah saja dengan minum. Iya, kamu tidak salah melihat tulisan ini karena memang soto batok (kwali) ini sangat terjangkau namun rasanya sangat enak. Mulanya saya juga ragu, apakah betul harganya cuma 7 ribu saja? Apakah sudah ada untungnya dengan jualan dengan harga terjangkau ini? 

Keraguan saya ternyata dibalas dengan senyuman dari Mba Wulan, pemilik Akurasa Kopi. Ia menjelaskan kalau soto ini berbahan dasar sangat ekonomis namun rasanya sangat segar dan tidak ditambahkan MSG, jadi sangat sehat dan bisa direkomendasikan bagi yang sedang menjalani pola hidup sehat. Dan, bukan hanya soto saja yang No MSG, seluruh masakan yang ada di resoran ini tidak menggunakan penyedap rasa atau micin. Jadi, bagi generasi micin mungkin tidak akan cocok dengan rasanya yang memang tidak sekuat apabila menggunakan micin.

Soto yang disajikan berbumbu sederhana namun sangat segar, ditambah dengan daging ayam atau sapi tentu saja makin menambah citarasanya. Soto ini berasal dari Jawa Tengah tepatnya antara kudus atau solo, namun yang saya rasakan beberapa daerah di Jateng ini memang sangat khas dengan soto bening yang cenderung segar dengan bumbu yang minimalis. Jadi, saya suka dengan apapun yang berasal dari tanah kelahiran saya, Jawa Tengah. Oh iya saya lahir di Pemalang, salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Jadi, citarasa ini tidak asing dan cenderung sangat nyaman dilidah. 

Baca juga : Budget Liburan Murah di Jepang

Ada Selat Solo, Selain Soto Enak Di Jakarta

selat-solo-enak-akurasa-kopi-pasar-manggis

Selat Solo, makanan khas Surakarta ini merupakan perkawinan budaya antara Eropa dan Jawa. Selat Solo merupakan perpaduan salad sayuran seperti tomat, timun, kacang buncis, selada, kentang dan wortel, bisa disesuaikan sayuran lainnya juga. Yang membuat Selat Solo ini istimewa adalah tambahan Bistik didalamnya yang mewakili budaya Eropa. Tidak banyak yang tahu bahwa dahulu Keraton Kasunan Surakarta memiliki hubungan dengan beberapa Kerajaan di Eropa. Sajian ini perpaduan antara salad, bistik dan sup, orang menyebutnya sebagai Bistik Jawa

Pada masa kolonial Hindia Belanda, orang-orang Eropa mengenalkan teknik masak dan membawa bahan makanan. Selain itu, terjadi pengenalan jenis makanan seperti keju, roti, dan bistik. Dalam Selat Solo ini Eropa menghadirkan penggunaan mayonese dan kecap inggris sementara pengaruh Jawa yang cenderung manis dirasakan dari penggunaan kecap manis. 

Baca juga : Nami Island, Lokasi Syuting Good Friends Net TV

Coba deh Ayam Sambal Cobek

ayam-cobek-selain-soto-enak-di-jakarta

Kalau kamu penggemar ayam goreng dan sambal, menu ini bakalan menjadi favorite, ayam sambal cobek. Cobek ini berasal dari zaman purbakala untuk menumbuk, menggiling, melunakan, mengulek dan mencampurkan bumbu dapur atau rempah. Nah, jadi cobek sudah sangat kental dengan budaya Indonesia. Dan, ayam adalah kesukaan saya jadi kombinasi yang sangat menyenangkan hati. Nah, di Akuras Kopi ini menyajikan ayam cobek dengan sambal yang cukup pedas.   

Selain makanan, terdapat kopi dan minuman tradisional di Akurasa Kopi. Sesuai namanya, Akurasa Kopi itu spesialis kopi, jadi banyak variasi kopi yang bisa dinikmati. Ini dia beberapa menu yang bisa kamu nikmati nih. 

kopi-akurasa-kopi

akurasa-kopi-selain-soto-enak-di-jakarta

Sedangkan menu lainnya selain dari soto, selat solo, ayam cobek. Ada cap cay, mie godhok dan lain-lainnya. 

menu-akurasa-kopi

Alamat Lengkap Akurasa Kopi :

Jl. Ungaran No 30, Dekat Pasar Manggis

(Belakang CPM Guntur), Jakarta Selatan 

 

Anda mungkin juga suka...

1 Komentar

  1. […] Baca juga : Kuliner Soto Enak dan Murah di Jakarta  […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *