Perjalanan Wisata Banyuwangi Dari Jakarta

Banyuwangi, salah satu destinasi wisata di Indonesia yang mulai dilirik beberapa tahun belakangan ini, juga merupakan satu dari 10 Bali baru. Banyak banget yang penasaran dengan kabupaten paling timur di Pulau Jawa ini terutama transportasi dari Jakarta, Surabaya, atau Jogja atau bahkan kota-kota dekat di Jawa Timur lainnya seperti Situbondo, Jember, dan Malang. Perjalanan wisata Banyuwangi dari beberapa kota tersebut bisa menggunakan  moda transportasi terutama kereta api dan bus, dan khusus Jakarta bisa menggunakan pesawat langsung ke Bandara Banyuwangi. 

Berapa jam waktu tempuh jika menggunakan kereta api dari Jakarta, Surabaya atau Jogja? Dan, berapa sih harga tiketnya? Tempat wisata apa saja yang menarik di Banyuwangi selain Kawah Ijen, Baluran dan Taman Nasional Alas Purwo? Hotel atau penginapan yang paling murah dengan view paling indah? Kuliner yang paling enak? Pantai yang paling bagus? Banyak sekali pertanyaan jika kita akan menuju ke Banyuwangi, untuk menjawabnya, saya akan menjabarkan dengan detail setiap pertanyaan tersebut ke dalam beberapa postingan blog. 

Saya beruntung sekali bisa mewujudkan wishlist saya dari beberapa tahun lalu. Waktu itu saya berkenalan dengan beberapa travel blogger, dan bertemulah dengan salah seorang yang menetap lama di Banyuwangi, dialah Alan Nobita. Kami bertemu hanya sesekali melalui blogwalking dan dm Instagram terkait dengan postingannya yang menyajikan keindahan alam di Banyuwangi. Mulai dari situlah saya bertekad suatu saat akan mengujungi Banyuwangi. 

Melalui Transmate Journey, sebuah petualangan seru menjelajah setiap negeri dengan kenyaman berkendara yang telah terkoneksi dari satu moda transportasi ke moda transportasi lainnya. Kementerian Perhubungan mewujudkan semua mimpi saya untuk menjejakan kaki di ujung timur pulau Jawa. Dan, inillah cerita perjalanan mulai dari Jakarta menuju ke Banyuwangi melalui beberapa moda transportasi seperti Kereta Api, Damri dan Pesawat serta melalui beberapa Stasiun, Bandara, Terminal, Pelabuhan dan fasilitas perhubungan yang menghubungkan semuanya sehingga perjalanan ini menjadi sangat mudah. 

Baca juga : Liburan Di Dufan Ancol Saat New Normal

Moda Transportasi Perjalanan Wisata Banyuwangi

Bagi penghemat budget pasti membutuhkan informasi beberapa moda transportasi yang nyaman dan murah ketika wisata ke Banyuwangi.Terdapat beberapa pilihan moda transportasi menuju ke Banyuwangi dari beberapa kota seperti Jakarta dan Surabaya. Pilihan yang terbaik adalah kereta api, pesawat dan bus. 

Kereta Api Dari Jakarta dan Surabaya

Dari semua moda transportasi menuju ke Banyuwangi, kereta api merupakan pilihan yang pas buat yang mau menghemat budget dengan waktu tempu yang cukup ideal dibandingkan dengan bus. Entah kenapa saya menyukai perjalanan menggunakan kereta api yang bisa menemukan suasana baru jika melihat keluar jendela seperti pemandangan sawah dan gunung serta suasana pedesaan yang selama ini saya rindukan. 

Sebelum melakukan perjalanan disaat masa pandemi saat ini, dibutuhkan satu hal penting dilakukan, yaitu Rapid Test. Calon penumpang kereta api diwajibkan untuk rapid test secara langsung satu hari sebelumnya di stasiun keberangkatan. Di Jakarta, pelayanan rapid test ini bisa dilakukan di kedua stasiun yaitu Gambir dan Pasar Senen. Nah, penasaran seperti apa proses pada saat melakukan rapid test (sebagai gambaran) bisa langsung baca postingan ini tentang pengalaman rapid test

Kereta api menuju ke Banyuwangi dapat ditempuh dari Jakarta dengan transit terlebih dahulu di Surabaya. Dari Jakarta bisa menggunakan beberapa pilihan kelas kereta seperti Eksekutif, Bisnis dan Ekonomi dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen. Sedangkan kereta yang bisa digunakan dari Jakarta menuju Surabaya antara lain Argo Bromo Anggrek, Sembrani, Bangunkarta, dan Bima untuk kelas Eksekutif dan Bisnis, Jayabaya dan Gumarang untuk kelas Ekonomi. 

Sampai di Stasiun Pasar Turi, Surabaya perjalanan akan dilanjutkan menuju ke Stasiun Banyuwangi Kota. Namun, sebelumnya harus diingat bahwa keberangkatan ke Banyuwangi hanya bisa melalui Stasiun Gubeng. Jadi, dari Stasiun Pasar Turi pindah terlebih dahulu ke Stasiun Gubeng. Jarak dari kedua stasiun kurang lebih 3 kilometer dan memakan waktu perjalanan sekitar 10-15 menit menggunakan taksi online. Kemudian, perjalanan dilanjutkan kembali dari Stasiun Gubeng menuju ke Stasiun Banyuwangi Kota. 

Selain Surabaya, kamu juga bisa memilih rute dari Yogyakarta. Dari Jakarta ke Yogyakarta bisa menggunakan beberapa pilihan kereta seperti Majapahit (Ekonomi), Brantas (Ekonomi), dan Gaya Baru Malam Selatan (Ekonomi). Untuk yang terakhir berhenti di Lempuyangan, pilihannya ada Gajahwong, Jaka Tingkir, Singasari, Bengawan hingga Bogowonto. Nah, dari Lempuyangan, kamu bisa langsung menumpang kereta api Sri Tanjung yang siap membawa kamu ke Stasiun Banyuwangibaru (via Surabaya)

Selama perjalanan di dalam kereta Argo Bromo Anggrek, penerapan protokol kesehatan pun sangat diterapkan terutama seat distancing, pemakaian face shield, penggunaan masker, dan disetiap pintu masuk gerbong tersedia hand sanitizer. 

Pesawat Langsung Ke Banyuwangi Dari Jakarta 

Salah satu yang membuat wisata ke Banyuwangi jadi lebih menyenangkan beberapa tahun belakangan ini adalah keberadaan Bandara Banyuwangi yang bertaraf Internasional di Blimbingsari. Selain bertaraf Internasional, Bandara ini sangat unik karena berkonsep Bandara Hijau atau Green Airport. Bisa dibilang seluruh area Bandara ini sangat Eco Friendly dan tidak menggunakan pendingin ruangan (kecuali di ruang tunggu ditambahkan pendingin) serta dipenuhi tanaman dan kolam ikan serta material yang digunakan juga menggunakan kayu dan bahan bangunan yang ramah lingkungan dan hemat energi. 

Dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, menuju ke Bandara Banyuwangi, Blimbingsari ditempuh sekitar 1 jam lebih sedikit. Beberapa maskapai antara lain Garuda Indonesia, Citilink, Batik dan Lion Air telah membuka penerbangan langsung dari dan ke Banyuwangi. Harga tiketnya pun terbilang cukup masuk akal berkisar antara 400-900 ribu sekali jalan.

Penyebrangan Ke Bali (Ketapang – Gilimanuk)

Konektivitas dari Banyuwangi ke kota lain cukup terjamin karena bisa menuju ke beberapa kota lain di Jawa Timur seperti Situbondo, Jember dan Malang serta Surabaya, atau bisa menyebrang langsung ke Pulau Dewata, Bali. Bagi penghemat budget seperti saya, konektivitas antara satu destinasi wisata dengan destinasi lainnya sangatlah penting, apalagi jika didukung dengan transportasi yang memadai seperti Pelabuhan Penyebrangan. 

Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi merupakan salah satu pelabuhan penyebrangan yang sangat strategis karena menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Bali. Dengan adanya pelabuhan ini, maka Banyuwangi dan Bali akan menjadi satu jalur perjalanan yang cukup menarik untuk ditempuh. 

Baca juga : Budget Liburan Murah Ke Jepang

Keliling Wisata Banyuwangi 

Mau keliling wisata di Banyuwangi Gratis? Sekarang sudah ada DAMRI Gratis keliling Banyuwangi yang mengunjungi beberapa destinasi wisata favorite di Banyuwangi diantaranya adalah Kawah Ijen, Taman Nasional Baluran, Pulau Merah, Taman Nasional Alas Purwo dan De Djawatan. Mau tahu rute DAMRI Gratisnya?

Cara Naik DAMRI Gratis

Sebelum naik dan keliling destinasi wisata, kamu harus tahu caranya naik DAMRI. Caranya mudah banget caranya naik armada ini syaratnya hanya foto kopi KTP saja, dan sebelumnya harus download aplikasi Damri Apps dan login, kemudian pilih lokasi meeting point seperti Taman Sri Tanjung (Alun-Alun Banyuwangi), Stasiun Banyuwangi Kota atau Bandara Banyuwangi. ⁣⁣

Rute DAMRI Gratis

Ada 4 rute utama yaitu ⁣⁣
⁣⁣
TAMAN SRITANJUNG – KAWAH IJEN (Hi-Ace)⁣⁣
⁣⁣
Taman SriTanjung – Terminal Brawijaya – Stasiun Banyuwangi Kota – Kawah Ijen ( Berangkat jam 08.00, 09.00, 13.00, 14.00, 18.00, 19.00 )⁣⁣.
⁣⁣
TAMAN SRITANJUNG – BALURAN (Bus)⁣⁣
⁣⁣
Taman SriTanjung – Watudodol – Bangsring Underwater – Baluran ⁣⁣(Berangkat jam 06.00, 07.00,10.00, 11.00, 14.00, 15.00)⁣⁣.
⁣⁣
TAMAN SRITANJUNG – TN. ALAS PURWO (Hi-Ace)⁣⁣
⁣⁣
Taman SriTanjung – Terminal Terpadu Wisata – Bandara Banyuwangi – Terminal Pancur – Alas Purwo ⁣⁣(Berangkat Jam 07.00, 08.00, 13.00, 14.00)⁣⁣.
⁣⁣
TAMAN SRITANJUNG – PULAU MERAH (Bus)⁣⁣
⁣⁣
Taman SriTanjung – Terminal Terpadu Wisata – Bandara Banyuwangi – De Jawatan – Kampung Primitif – Pulau Merah ⁣⁣(Berangkat Jam 06.00, 08.00, 12.00, 14.00)⁣⁣.

Destinasi Wisata Banyuwangi

Nah, setelah keliling Banyuwangi Gratis menggunakan DAMRI, inilah beberapa tempat wisata yang sangat menarik perhatian saya. 

Kawah Ijen

Lokasinya terletak di barat Banyuwangi, dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 1-2 jam untuk mencapai kawahnya. Dan, inilah tantangan tersendiri buat saya yang sama sekali tidak memiliki pengalaman naik gunung sebelumnya. Tapi dengan tekad yang kuat, akhirnya saya bisa mencapai kawah dalam hitungan 2 jam lebih. Inilah salah satu momen terbaik di tahun 2020 ini.

Taman Nasional Baluran

Africa Van Java, inilah julukan yang sangat tepat untuk menunjukan padang savana di area Taman Nasional Baluran. Seperti layaknya di Afrika yang memiliki habitat hewan tropis cenderung panas, Baluran merupakan rumah bagi kerbau, sapi, monyet, burung, rusa, dan hewan lainnya. Banyak sekali orang yang ingin berfoto di padang savana berlatar belakang gunung berkawah yang tidak aktif lagi. 

Bangsring Underwater 

Sebelum menuju ke Baluran, kita akan singgah di Bangsring Underwater. Disinilah kita bisa menikmati Banyuwangi dari bawah laut. Keindahan aneka ragam ikan dan terumbu karang pun bisa dinikmati dengan berwisata di Bangsring. Tidak hanya itu, kita bisa ke rumah apung dan bermain dengan hiu yang merupakan kesenangan tersendiri. 

Taman Nasional Alas Purwo

Selain Baluran, Alas Purwo juga dapat dijuluki Africa Van Java karena memiliki padang savana hijau dan merupakan habitat bagi banyak flora dan fauna. Disinilah pesona Sadengan yang merupakan habitat bagi sapi, banteng, merak, burung dan ragam satwa lainnya yang sangat menghibur untuk dinikmati, selain itu terdapat beberapa pantai dan hutan yang sangat eksotis.

De Djawatan

Dan, inilah salah satu spot paling instagramable di Banyuwangi, De Djawatan. Terletak di Benculuk, tempat wisata ini merupakan hutan pohon trembesi terluas di Banyuwani dan sekitarnya. Deretan trembesi raksasa inilah yang membuat sangat indah pada saat di foto baik untuk keperluan pribadi, pre wedding atau lainnya. 

Nah, itu dia Wisata Banyuwangi yang sangat menarik untuk dikunjungi pada saat ini. Sebetulnya banyak sekali destinasi wisata di Banyuwangi seperti Rumah Osing, Pantai Boom, Grand Watudodol, Pantai Merah dan lainnya. Saya akan membahas seluruhnya di postingan selanjutnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *